new.png

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Pada Pengadilan Negeri Muara Enim Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan-kegiatan pada Pengadilan Negeri Muara Enim

Denda Tilang

Surat Keterangan

E-Court

Direktori Putusan

Info Perkara

Pengaduan

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS TAHUN 2021

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS TAHUN 2021

 

Pada hari Kamis, tanggal 07 Januari 2021, bertempat di Ruang Sidang Prof. Kusumah Atmaja keluarga besar Pengadilan Negeri Muara Enim melaksanakan kegiatan penandatanganan pakta integritas, komitmen bersama dan ikrar bersama.

Acara di mulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI. Acara di dahului dengan pemberian Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim kepada seluruh honorer tahun anggaran 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan dan penandatanganan Pakta integritas oleh seluruh Hakim, ASN dan honorer. Acara selanjutnya adalah penandatanganan Ikrar Bersama dan Komitmen Bersama tahun 2021.
           
DOKUMENTASI :

pk1.JPG

pk3.JPG

pk4.JPG

pk5.JPG

pk2.JPG

pk6.JPG


RAPAT BULANAN BULAN DESEMBER 2020

RAPAT BULANAN BULAN DESEMBER TAHUN 2020
PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM


Hari Senin, 14 Desember 2020 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan kegiatan rapat bulanan Pengadilan Negeri  Muara Enim. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, SH. 

Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim memberikan pengarahan dan catatan selama tahun 2020, antara lain :
  1. Tahun 2020 merupakan tahun yang dilalui dengan begitu luar biasa, dikarenakan adanya wabah pandemi COVID-19. Ditengah pandemi, Pengadilan Negeri Muara Enim merespon perubahan dengan cepat yaitu dengan dilaksanakannya persidangan secara daring (online) antara instansi Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Kepolisian dan LAPAS. Hendaknya responsiblitas, kerjasama dan tanggung jawab ini agar di tingkatkan dan di pertahankan.
  2. Di bulan November tahun 2020, dalam penilaian Implementasi SIPP yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Pengadilan Negeri Muara Enim menempati peringkat ke Pengadilan Negeri Muara Enim meraih peringkat ke 4 dengan total nilai 952, 55 poin dari empat kriteria evaluasi yaitu kinerja dengan nilai 144,88 kepatuhan dengan nilai 514,84, kelengkapan dengan nilai 131,79 dan kesesuaian dengan nilai 161,04. Hal ini merupakan salah satu prestasi yang membanggakan, dan harus dipertahankan. Di tengah pandemi COVID-19, tidak menyurutkan kinerja Pengadilan Negeri Muara Enim.
  3. Pengawasan Hakim dan Aparatur Sipil Negara dalam PERMA Nomor 7, 8, 9 harus di ingat dan di laksanakan agar tidak terjadi kejadian-kejadian yang merugikan martabat Pengadilan.
  4. Untuk PTSP pada tahun 2020 telah dilakukan perubahan pada ruangan PTSP, perubahan ini juga harus disertai dengan perubahan pelayanan petugas PTSP agar semakin baik. Petugas PTSP agar selalu meningkatkan kompetensi dan selalu belajar.
Ketua dan Wakil Ketua mengingatkan bahwa di tahun 2021 akan ada uang konsinyasi terkait ganti rugi pembuatan jalan TOL yang menuju Muara Enim. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri baik di bagian kepaniteraan maupun kesekretariatan.
Di akhir rapat Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim juga mengingatkan kembali agar seluruh hakim dan pegawai lebih meningkatkan kedisiplinan di segala bidang. Semoga tahun 2021 Pengadilan Negeri Muara Enim akan semakin lebih baik dalam kinerja dan prestasi.  

DOKUMENTASI :

des1.JPG

des2.JPG

des3.JPG


ASESSMENT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

 

Pada tanggal 19-20 November 2020, dilaksanakan asesment surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Palembang. Tim Asessor di ketuai oleh Robert Siahaan, SH, MH (Hakim Tinggi), H. Amron Sodik, SH (Hakim Tinggi), Kemal Tampubolon, SH, MH (Hakim Tinggi) dan A. Mahbub Ulhaq, SE (Analis Perkara Peradilan). Tujuan kegiatan ini adalah melakukan asesment surveillance akreditasi di Pengadilan Negeri Muara Enim. Open meeting dilaksanakan pada tanggal 19 November 2020 dibuka langsung oleh Ketua tim asessor dan ditutup close meeting pada tanggal 20 November 2020. Dengan mengumandangkan yel-yel Pengadilan Negeri Muara Enim semangat untuk meraih dan mempertahankan nilai akreditasi “A Excellent”.


DOKUMENTASI :

apm1.JPG

apm2.JPG

apm3.JPG

apm4.JPG

 

 

RAPAT BULANAN BULAN NOVEMBER TAHUN 2020

RAPAT BULANAN BULAN NOVEMBER TAHUN 2020
PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM
 
Hari Jumat, 13 November 2020 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan kegiatan rapat bulanan Pengadilan Negeri  Muara Enim. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, SH. 

Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim menyampaikan amanat pembinaan oleh Ketua Mahkamah agung RI, diantaranya : tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah COVID-19, seluruh aparatur pengadilan harus melakukan perubahan secara terus-menerus, tanggap terhadap perubahan, merubah mindset dan budaya kerja agar lebih baik lagi, atasan langsung melakukan pembinaan dan pengawasan secara berjenjang dan terdokumentasi serta melakukan monitoring dan evaluasinya.

Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim juga mengingatkan kembali agar seluruh hakim dan pegawai lebih meningkatkan kedisiplinan di segala bidang. Beliau juga menghimbau agar laporan-laporan disegerakan pengerjaannya sehingga tidak menumpuk di akhir tahun. Kepada para Hakim agar segera meyelesaikan perkara tepat waktu, dan Panitera Pengganti juga menyelesaikan minutasi berkas perkara dan pengisian SIPP tepat waktu. Audit internal periode kedua direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2020.  Untuk petugas PTSP agar lebih disiplin, lebih ramah, lebih tertib dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

DOKUMENTASI :

nov3.jpeg

nov2.jpeg



DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBBM

DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBBM

 

Pada tahun 2019 yang lalu, Pengadilan Negeri Muara Enim memperoleh penghargaan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dari Menteri Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas di instansi yang bersangkutan. Pada tanggal 10 Desember 2020 bertempat di hotel Bidakara Jakarta, sebanyak 75 Pengadilan dari empat lingkungan peradilan di bawah instansi Mahkamah Agung RI berhak memperoleh predikat WBK dan dari 2 (dua ) Pengadilan Negeri kelas II se-Indonesia salah satunya adalah Pengadilan Negeri Muara Enim.
Kini, di tahun 2020 tepat pada hari Jumat tanggal 6 November 2020, Pengadilan Negeri Muara Enim telah mengikuti desk evaluasi pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilaksanakan oleh Tim Evaluator dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB). Dalam upaya pencegahan peyebaran COVID-19, desk evaluasi dilaksanakan dengan metode daring. Dalam desk evaluasi, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, SH memaparkan upaya dan hasil pembangunan Zona Integritas (kondisi sebelum dan sesudah) pada 6 (enam) area perubahan  kepada tim evaluator.
Pengadilan Negeri Muara Enim terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan pengguna pengadilan serta menjadikan Pengadilan yang bebas korupsi, bersih dan melayani.

DOKUMENTASI :

zi2.JPG

zi3.JPG

zi1.JPG