new.png

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Pada Pengadilan Negeri Muara Enim Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan-kegiatan pada Pengadilan Negeri Muara Enim

Denda Tilang

Surat Keterangan

E-Court

Direktori Putusan

Info Perkara

Pengaduan

RAPAT BULAN JULI 2020 DAN TINJAUAN MANAJEMEN (RTM)

RAPAT BULANAN BULAN JULI 2020
DAN RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM)

 

            Hari Senin, tangal 13 Juli 2020 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan kegiatan rapat bulanan Pengadilan Negeri  Muara Enim. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, SH. 

           Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim selaku pemimpin rapat mengingatkan kembali agar seluruh hakim dan pegawai untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam hal kehadiran, cara berpakaian dan tingkah laku. Di bagian meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim menghimbau agar petugas mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat,mengutamakan 3S (Senyum, Sapa dan Salam), memperhatikan etika dalam melayani, menjaga kebersihan di meja pelayanan. Kepada masing-masing penanggung jawab meja PTSP agar memantau dan membuat laporan monitoring dan evaluasi setiap bulannya. Di bagian penyelesaian perkara, Ketua meminta agar disiplin dalam pengisian SIPP. Untuk seluruh laporan, agar diselesaikan dan dikirim tepat waktu. Dalam pelaksanaan persidangan secara online yang kemungkinan masih berlangsung dalam waktu yang lama, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim menerima masukan-masukan ataupun inovasi agar persidangan lebih mudah dilaksanakan.
            Setelah rapat bulanan selesai, dilajutkan dengan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak elvin Adrian, SH, MH selaku Quality Manager Representatif (QMR). Dalam rapat dibahas, hasil temuan audit internal beserta tindak lanjutnya. Turut di bahas juga hasil survey kepuasan masyarakat (IKM) dan survey persepsi korupsi (IPK).   

DOKUMENTASI :

rtm1.jpg
rtm2.jpg
rtm3.jpg

RAPID TEST PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

RAPID TEST PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM


             
            Hari Selasa, tanggal 23 Juni 2020 Keluarga besar Pengadilan Negeri Muara Enim melaksanakan kegiatan RAPID TEST. Kegiatan ini tujuannya untuk mendeteksi dan mencegah penularan virus COVID-19. Kegiatan rapid test ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. RAPID TEST ini dlaksanakan kepada seluruh personil yang terdiri dari pimpinan, seluruh Hakim, ASN dan tenaga honorer beserta tenaga magang pada Pengadilan Negeri Muara Enim. Adapun hasil pengujian sudah dapat diterima pada sore hari nya. Berdasarkan hasil Rapid test, keluarga besar Pengadilan Negeri Muara Enim dinyatakan tidak ada yang positif COVID-19.

DOKUMENTASI KEGIATAN :

rpd2.JPG

rpd3.JPG
rpd4.JPG



RAPAT BULANAN BULAN MEI 2020

RAPAT BULANAN BULAN MEI 2020

 

         Hari Senin, tangal 4 Mei 2020 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan kegiatan rapat bulanan Pengadilan Negeri  Muara Enim. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, SH. 

           Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim selaku pemimpin rapat membahas pelaksanaan tugas kantor selama COVID-19 yaitu dengan mengacu kepada SEMA Nomor 1 Tahun 2020. Bagi Hakim dan ASN yang melaksanakan Work From Home (WFH) tetap melaksanakan absen secara online pada aplikasi SIKEP dan membuat laporan pelaksanaan tugas. Beliau juga melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan adminitrasi persidangan, kepaniteraan dan kesekretariatan serta mengingatkan agar semua laporan-laporan diselesaikan sebelum tenggang waktu yang diberikan. Ketua juga mengingatkan kembali agar seluruh hakim dan pegawai untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam hal kehadiran, cara berpakaian dan tingkah laku. Mengisi Laporan lembar kerja (LLK) setiap hari.

         Dengan adanya penambahan 5 orang Hakim yang baru masuk, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim akan memperbaharui Surat-surat Keputusan seperti : SK Majelis hakim, Hakim Pengawas Bidang, Tim TAPM, Tim Zona Integritas dan yang lainya.

DOKUMENTASI :

PELANTIKAN HAKIM

ACARA PELANTIKAN CALON HAKIM MENJADI HAKIM

PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

 

            Bertempat di ruang sidang Prof. Kusumah Atmaja Pengadilan Negeri Muara Enim, pada tanggal 23 April 2020  telah dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kepada 5 (lima) orang Calon Hakim Pengadilan Negeri Muara Enim. Kelima Calon Hakim tersebut adalah Bapak Ricky Swanri Siallagan, SH., Otniel Yuristo Yudha Prawira, SH., Ibu Titis Ayu Wulandari, SH., Provita Justisia, SH., Dewi Yanti, SH  yang dilantik menjadi Hakim Pengadilan Negeri Muara Enim sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Nomor : 540/DJU/SK/KP.04.5/3/2020.  Bertindak sebagai pengambil sumpah, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, SH. Sebagai saksi, Bapak Arpisol, SH dan Bapak Harynato Das’at, SH. Serta di dampingi rohaniwan.

            Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar, meskipun ditengah pandemi wabah COVID-19. Perlindungan terhadap kesehatan tetap di utamakan yaitu dengan melaksanakan protokol pencegahan, physical distancing, penggunaan masker pada saat acara berlangsung.

 FOTO-FOTO KEGIATAN :

PERSIDANGAN SECARA TELECONFERENCE

PERSIDANGAN SECARA TELECONFERENCE

 

Dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dan mengacu pada asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi, dan untuk tercapainya optimalisasi, efektifitas, efisiensi dan keamanan dalam pelaksanaan tugas bagi lembaga peradilan, penuntut umum dan warga binaan pemasyarakatan maka pelaksanaan persidangan dilaksanakan dengan cara sidang teleconference. Diperkuat dengan perjanjian kerja sama antara Mahkamah Agung RI, Kejaksaan RI dan Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor : 402/DJU/HM.01.1/4/2020 Nomor : KEP-17/E/Ejp/04/2020 Nomor : PAS-08.HH.05.05 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan persidangan melalui teleconference.