PENGAWASAN DAN PEMBINAAN DARI PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

.

PENGAWASAN DAN PEMBINAAN DARI PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

 

             Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 11-12 April 2017 Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Palembang yang diketuai Bapak DR. Drs. Muh. Yunus Wahab, SH, MH beserta tim  yaitu Bapak Nelson Samosir, SH, MH, Ibu Rumintang, SH, MH, Bapak M. Roesli, SH dan Bapak Khairul, SE mengadakan pengawasan dan pembinaan ke Pengadilan Negeri Muara Enim.

            Dalam pengarahannya, Bapak DR. Drs. Muh. Yunus Wahab, SH, MH menitik beratkan pada Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri. Akreditasi ini sendiri merupakan suatu keharusan bagi Pengadilan Negeri di seluruh Indonesia. Tujuan nya adalah untuk memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadlian. Adapun untuk menyambut akreditasi ini maka Pengadilan Negeri Muara Enim harus mempersiapkan diri. Mulai dari sarana prasarana, pelaksanaan SOP, pembuatan manual mutu, survey atas kepuasan masyarakat, melaksanakan internal audit, dan terutama sekali peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Selain itu perlu di buat inovasi atau hal-hal yang bisa ditonjolkan dari Pengadilan Negeri Muara Enim, motto Pengadilan, Budaya Kerja dan Role Mode. Kebersihan juga merupakan hal utama yang perlu di tingkatkan untuk mencapai akreditasi.

            Pengawasan dan pembinaan lainnya juga dilakukan di bidang kepaniteraan dan kesekretariatan.  Hasil pengawasan dan pembinaan ini menjadi bahan untuk perbaikan Pengadilan Negeri Muara Enim ke depannya. Dalam kunjungan sekaligus pengawasan ini, tim dari Pengadilan Tinggi Palembang berkeliling melihat gedung kantor Pengadilan Negeri Muara Enim yang saat ini sedang berbenah. Gedung Kantor Pengadilan Negeri Muara Enim termasuk gedung tua. Meskipun demikian, dengan adanya pembenahan-pembenahan, Kantor Pengadilan Negeri Muara Enim terlihat lebih rapi.

            Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak As’ad Rahim, SH, MH mengucapkan terima kasih atas pengarahan dan pembinaan dari tim pengawas Pengadilan Tinggi Palembang dan meminta agar semua warga Pengadilan Negeri Muara Enim melaksanakan apa yang diperintahkan tersebut dengan giat, semangat dan tanpa beban.