RAPAT BULANAN MEI 2019

.

RAPAT BULANAN MEI 2019

PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

Pada hari Rabu 8 Mei 2019 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan kegiatan rapat bulanan Pengadilan Negeri  Muara Enim. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, S.H. Adapun point-point yang disampaikan dalam rapat adalah sebagai berikut.

  1. Wacana pendaftaran perkara permohonan diusahakan bisa langsung sidang pada hari itu juga apabila berkas permohonan sudah lengkap, koordinasi antara Hakim dan Kepaniteraan sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat.
  2. Hakim agar lebih teliti dan berhati-hati dalam penyelesaian perkara, mengingat adanya berita terburuk yang melanda warga peradilan dengan adanya OTT Hakim di wilayah hukum lain, sehingga jangan sampai terjadi di Pengadilan Negeri Muara Enim.
  3. Hakim dan Kepaniteraan tetap memonitoring kelengkapan data perkara pada aplikasi SIPP.
  4. Proses biaya panjar perkara, serta register perkara agar segera diselesaikan. Pengisian register perkara harus teliti dan rapi.
  5. Mempersiapkan diri untuk adanya sidak dari BAWAS MA RI yang ditugaskan oleh Mahkamah Agung RI dalam hal penerapan Zona Integritas (ZI).
  6. PTSP agar diperhatikan dengan baik, agar tetap dilaksanakan dengan baik dan lancar, serta diperhatikan antara petugas PTSP dengan tupoksi utama Panitera Pengganti agar berjalan dengan lancar, petugas PTSP harus paham SOP PTSP, jika ada kendala berkoordinasi dengan atasan langsung. Utamakan 3S (senyum, salam, sapa) dalam melayani masyarakat.
  7. Surat menyurat pada kepaniteraan diperhatikan betul baik Kepaniteraan Pidana, Perdata, maupun Hukum.
  8. Kepaniteraan hukum untuk diperhatikan berkas-berkas perkara dikarenakan box file sudah disediakan.
  9. Kepaniteraan Pidana untuk diperhatikan kelengkapan E-Doc tuntutan dan E-Doc dakwaan.
  10. Ditekankan lagi pengisian register untuk seluruh Kepaniteraan agar benar-benar diperhatikan.
  11. Kesekretariatan untuk selalu meningkatkan kinerja, kebersihan, keuangan, dan dokumentasi.
  12. Adanya planning acara buka puasa bersama tanggal 27 Mei 2019 bersama bapak Bupati Muara Enim, untuk kegiatan diketua oleh bapak Arpisol, S.H untuk berkoordinasi dengan protokoler Pemda Muara Enim.
  13. Panitera menyarankan untuk petugas informasi dibagian kepaniteraan Hukum.
  14. Sekretaris menyampaikan realisasi anggaran DIPA 098991 dan DIPA 099232, realisasi pengadaan barang, serta merapikan urutan Dokumen Control (DC).
  15. Sekretaris menyampaikan tidak henti-hentinya berkoordinasi dengan kasubag Umum untuk masalah kebersihan, untuk anak honorer yang memiliki tugas ganda sebagai petugas sidang.
  16. Sekretaris menyampaikan kasubag untuk berkomitmen dalam proses penginputan data pada aplikasi.
  17. Kepaniteraan perdata menyampaikan speaker terlalu keras sehingga menggangu persidangan, merasa kurang berkoordinasi dengan kesekretariatan dan kedepan akan diperhatikan dengan baik.
  18. Untuk court calender untuk diberikan jedah dalam proses persidangan.