RAPAT BULANAN JUNI 2019

.

RAPAT BULANAN JUNI 2019

PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

Pada hari Selasa 25 Juni 2019 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan kegiatan rapat bulanan Pengadilan Negeri  Muara Enim. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Akhmad Nakhrowi Mukhlis, S.H. Adapun point-point yang disampaikan dalam rapat adalah sebagai berikut.

  1. Mengingatkan kembali bahwa satker Pengadilan Negeri Muara Enim merupakan lembaga yang sangat rentan dengan masalah eksternal dan sangat mudah diserang secara fisik dan non fisik, sehingga harus benar-benar berhati-hati dalam bertindak serta perbaikan etos kerja yang baik.
  2. Terkait dengan adanya beberapa perkara yang menarik perhatian masyarakat, sehingga diperlukan tanggung jawab bersama dalam menghadapinya kedepan serta sangat berhati-hati dalam bersinggungan dengan masyarakat.
  3. Perencanaan pemisahan pintu masuk pengunjung sidang dan pengunjung PTSP akan dipersiapkan dengan baik.
  4. Apabila terdapat suatu permasalahan untuk pengambilan kebijakan, agar dapat berkoordinasi dengan atasan langsung.
  5. Diharapkan agar petugas PTSP stanby bergantian untuk memberikan pelayanan di meja PTSP dengan baik.
  6. Persiapan penilaian pembangunan Zona Integritas, dimana PN Muara Enim salah satu satker yang diusulkan untuk dinilai oleh penilai eksternal diluar Mahkamah Agung RI.
  7. Proses penilaian oleh tim eksternal tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu, tim yang pertama kali akan melakukan penilaian adalah BPS mengenai IKM (Index Kepuasan Masyarakat) dan IPK (Index Persepsi Korupsi) dengan langsung mengambil responden dari masyarakat.
  8. Kategori penilaian IKM dan IPK berkaitan dengan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga harus diperhatikan untuk petugas PTSP untuk memberikan pelayanan terbaik dengan 3S, 5R, dan kondisi lingkungan kantor yang bersih dan kondusif.
  9. Untuk kondisi kantor yang bersih, rapi, dan kondusif diharapkan untuk dikoordinasi dengan baik oleh Kasubag Umum Bapak Mahbub Ulhaq, S.E dan juga peran serta dari seluruh warga PN Muara Enim.
  10. Jangan sampai terjadi gratifikasi, pungutan liar, serta tindakan korupsi lainnya dalam proses pelayanan kepada masyarakat.

  1. Dengan adanya SK Petugas PTSP, dimohon perhatian dan dilaksanakan oleh petugas yang telah di SK kan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.
  2. Petugas PTSP wajib memahami dan mengetahui SOP, Standar Pelayanan, dan aturan-aturan yang berkaitan dengan produk pelayanan kepada masyarakat.
  3. Harus dipersiapkan jadwal operasi pelayanan secara umum dan khusus yang dalam hal ini untuk dapat dipersiapkan dan diperhatikan oleh Bapak Sekretaris, agar dapat dilihat oleh pengunjung.
  4. Setiap meja pelayanan harus mempersiapkan informasi pembiayaan pelayanan apabila ada secara detil dan dapat dilihat oleh pengunjung.
  5. Petugas informasi agar memahami SOP, Standar Pelayanan, proses pendaftaran, dan antrian pelayanan.
  6. Petugas sidang agar mengetahui alasan, apabila terjadi penundaan sidang dilaksanakan.
  7. Index Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Index Persepsi Korupsi (IPK) agar dibuat dalam waktu Satu minggu kedepan harus sudah siap.
  8. Diperhatikan kostum pakaian dinas, agar digunakan secara baik dan lengkap setiap harinya.
  9. Untuk izin keluar dan cuti agar selalu melengkapi dokumen yang ada.
  10. Proses izin penyitaan dan penggeledaan agar dapat dilakukan dan diproses dengan cepat.
  11. Penjaminan mutu agar dilaksanakan internal audit beserta laporannya, untuk dapat dilaksanakan untuk rapat tinjauan manajemen.
  12. Rapat berjenjang agar selalu dilaksanakan.
  13. Monitoring dan evaluasi harus dilakukan secara rutin.
  14. Administrasi pengarsipan berkas dan minutasi agar dilengkapi dengan baik.
  15. Harapan kedepan, kita pertahankan yang telah diraih, dan kita tingkatkan dengan baik.