Rencana Kerja dan Anggaran

.

PROGRAM KERJA KETUA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM KLAS II.

 

A.     PROGRAM JANGKA PENDEK

1.    Meningkatkan disiplin jam masuk dan pulang kerja dalam rangka memenuhi PERMA Nomor 7 tahun 2016,  PERMA Nomor 8 tahun 2016 dan PERMA Nomor 9 tahun 2016;

2.      Pengadilan yang selalu update kepada masyarakat.

3.      Peningkatan kualitas pelayanan kepada pencari keadilan dan masyarakat.

4.      Menertibkan administrasi Kepaniteraan Pidana, Kepaniteraan Perdata dan Kepaniteraan Hukum;

5.    Menertibkan administrasi Sub. Bagian Umum dan Keuangan, Sub. Bagian Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana,  Sub. Bagian Perencanaan, Teknologi  Informasi,  dan Pelaporan.

6.      Menyelesaikan kewajiban dengan pihak ketiga.

7.      Melengkapi dan membenahi sarana perpustakaan (lemari,meja dan kursi baca).

8.      Peningkatan Sumber Daya Manusia aparatur pengadilan.

9.      Peningkatan kualitas putusan di Pengadilan Negeri Muara Enim.

10.  Peningkatan peran hakim pengawas bidang.

11.  Pelaksanaan informasi birokrasi.

12.  Melengkapi kebutuhan Informasi Teknologi serta menambah kebutuhan printer di beberapa unit yang masih kurang        (kepaniteraan perdata, kepaniteraan pidana, Sub. Bagian Umum dan Keuangan, Sub. Bagian Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana, dan Sub. Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan).

13. Melakukan sosialisasi instruksi dari Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi berupa Surat Edaran Mahkamah Agung dan    Peraturan Mahkamah Agung.

14. Melaksanakan pertemuan berkala dengan para  Hakim, Pejabat Struktural dan seluruh karyawan/karyawati satu kali   dalam satu bulan.

15.  Mengupayakan sarana meja dan kursi yang masih kurang.

16. Memberdayakan secara optimal organisasi IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia), IPASPI (Ikatan Panitera/Seketaris Pengadilan Indonesia), PTWP (Persatuan Tenis Warga Pengadilan) dan DYK (Dharmayukti Karini).

17.  Memfungsikan secara maksimal Hakim Pengadilan Negeri Muara Enim;

18.  Membenahi ruang arsip perkara.

19.  Pemindahan ruang tahanan dewasa.

20.  Mengupayakan fasilitas ruang tunggu pengunjung sidang;

21.  Meningkatkan kebersihan Pengadilan Negeri Muara Enim;

22.  Penghijauan kantor Pengadilan Negeri Muara Enim;

23.  Perbaikan dan Pembaharuan SOP Pengadilan Negeri Muara Enim;

24.  Program e-Tilang di Kabupaten Muara Enim;

25.  Mengupayakan penertiban aset milik Mahkamah Agung (sertifikat dan plang aset Mahkamah Agung);

26.  Mengupayakan perubahan tampak depan Pengadilan Negeri Muara Enim;

27.  Mengupayakan pengadaan meja dan kursi yang layak bagi Hakim;

28.  Penataan kembali masing-masing ruang kerja;

 

B.      PROGRAM JANGKA PANJANG

1.      Melengkapi sarana/prasarana ruang sidang.

2.   Mendukung dan menindaklanjuti Program Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Muara Enim agar Pengadilan Negeri Muara Enim segera mendapat Akreditasi;

3.    Melengkapi/menambah beberapa ruang seperi ruang Kaukus, ruang Mediasi, ruang Jaksa, ruang Penasehat Hukum, ruang Tahanan Anak, ruang Tahanan Wanita, Musholla, ruang Tunggu Anak dan perpustakaan dengan fasilitas AC agar nyaman.

4.      Melengkapi sarana dan prasarana ruang mediasi/Diversi.

5.    Mengusulkan ke Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi untuk menambah personil dalam menduduki jabatan Panitera Pengganti, Pegawai/petugas Perpustakaan, staf kepaniteraan Pidana, staf kepaniteraan Perdata staf kepaniteraan hukum dan  staf subag.umum sebagai petugas kebersihan, secara definitif sehingga tidak rangkap jabatan.

6.   Mengusulkan kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung untuk mengangkatkan tenaga honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.

7.      Merenovasi Ruang Sidang Anak Pengadilan Negeri Muara Enim;

8.      Merenovasi Ruang Arsip Pengadilan Negeri Muara Enim;

9.      Mengupayakan program Hakim Masuk Sekolah;

 

 

PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

KETUA,

 

 

AS’AD RAHIM LUBIS, SH., MH.

NIP. 19730115 199903 1 004