logo IB.png               akhlak.png

 

         

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Pada Pengadilan Negeri Muara Enim Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan-kegiatan pada Pengadilan Negeri Muara Enim

eraterang

Surat Keterangan

Electronic Court

E-Court

Direktori Putusan

Direktori Putusan

Informasi Perkara

Info Perkara

Ekektronik Lapor

E-Lapor

Zona Integritas

Zona Integritas

SOSIALISASI EXTERNAL APLIKASI e-BERPADU

SOSIALISASI EXTERNAL APLIKASI E-BERPADU
PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM KELAS IB


Muara Enim, Jumat 05 Agustus 2022 Pengadilan Negeri Muara Enim melaksanakan Sosialisasi Extrrnal Penerapan Elektronik Berkas Pidana terpadu (e-BERPADU) yang telah di launching oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum MA RI di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Muara Enim. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Joni Mauluddin Saputra, SH., dengan dipandu oleh Moderator Panitera Pengadilan Negeri Muara enim Bapak Hendri Kustian, SH.,MH, dan materi sosialisasi dan simulasi e-Berpadu dibawakan oleh Panitera Muda Pidana Bapak Bambang Sugeng Riyadi, SH.

Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Polres Muara Enim, Polres Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kejaksaan Negeri Muara Enim, kejaksaan Negeri Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Lembaga Permasyarakatan Muara Enim kelas IIB dan BNN Kabupaten Muara Enim sebagai bagian tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman dan Pedoman Kerja bersama tentang Pengembangan dan Implementasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Tekonologi Informasi (SPPT-TI) oleh Pimpinan Kementerian dan Lembaga.

Dalam aplikasi ini, Pengadilan Negeri Muara Enim melakukan uji coba serta menjelaskan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini kepada APH yang hadir, seperti pelimpahan berkas, penggeledahan, penyitaan, penahanan, izin besuk, izin pinjam pakai barang bukti yang seluruhnya dapat dimohonkan secara elektronik sehingga proses pelayanan menjadi efisien dan transparan. Diharapkan dengan implementasi aplikasi e-Berpadu ini sistem administrasi perkara pidana terwujud berbasis TI, layanan perkara pidana menjadi efektif dan efisien sehiingga Pengadilan Negeri Muara Enim dapat mendukung terwujudnya Peradilan yang modern dam akuntabel, meminimalisir tatap muka dan penyimpangan serta memudahkan koordinasi antar Aparat Penegak Hukum. selain itu para APH yang hadir juga mengapresiasi serta mendukung implementasi e-BERPADU di wilayah hukum Pengadilan Negeri Muara Enim.


Dokumentasi :

as (1).JPG

as (2).JPG

as (3).JPG

as (4).JPG


PENYERAHAN BANTUAN DANA BEASISWA (BDBS) DHARMAYUKTI KARINI CABANG MUARA ENIM TAHUN 2022

PENYERAHAN BANTUAN DANA BEASISWA (BDBS)
DHARMAYUKTI KARINI CABANG MUARA ENIM TAHUN 2022



Hari Jumat, 29 Juli 2022 bertempat di ruang sidang Prof.Dr. Kusumah Atmaja Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) Dharmayukti Karini Cabang Muara Enim tahun 2022. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya ,Hymne DYK, dan Mars DYK. dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Ketua Dharmayukti Karini cabang muara enim ibu Aftina amalia, SE dan kata sambutan dari Pelindung Dharmayukti karini cabang muara enim, Bapak Elvin adrian, SH.,MH.

Acara penyerahan BDBS ini dihadiri oleh Hakim, Panitera, Sekretaris,dan Anggota Dharmayukti karini cabang muara enim,  serta para penerima BDBS. Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) ini diberikan kepada 7 orang dari Pengadilan Negeri Muara Enim dan 5 orang dari Pengadilan Agama Muara Enim. dalam kata sambutannya Ketua Dharmayukti Karini cabang muara enim ibu Aftina amalia, SE menyampaikan bahwa Pemberian BDBS ini adalah salah satu Program Kerja setiap tahun dari Dharmayukti karini cabang muara enim , pada tahun ini DYK mengusung tema  "Melalui Program Bantuan dana Beasiswa (BDBS) kita tingkatkan kepedulian untuk mewujudkan generasi emas warga Pengadilan".
Acara diakhiri dengan Pemberian Dorprize dan Foto bersama.


Dokumentasi :

k (3).JPG

k (2).JPG

k (1).JPG

k (4).JPG

k (5).JPG

k (6).JPG

ACARA PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM KELAS IB

ACARA PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL
PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM KELAS IB


Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim, pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022  telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Struktural Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib atas nama Syaifullah, SE.,MM sebagai Sekretaris Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib, Yurika Ariani, ST sebagai Kasubbag PTIP Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib, Hendrik, SH sebagai Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib, dan Kms Muhamad Amin, SH sebagai Kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib. Bertindak sebagai pengambil sumpah, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Elvin Edrian, SH, MH. Sebagai saksi, Bapak Joni Mauluddin Saputra, SH dan Bapak Hendri Kustian, SH.,MH . Serta di dampingi rohaniwan Bapak H. Khairul Fahmi, S.Ag dari Kantor KUA Kecamatan Muara Enim.


Dalam kata sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Elvin Adrian, SH, MH mengucapkan selamat mengemban tugas kepada Pejabat Struktural Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib yang telah di lantik. Beliau berharap agar Pejabat Struktural Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib dapat bersinergi dalam tugas, terus meningkatkan Kinerja di Pengadilan Negeri Muara Enim kelas Ib.


Acara di akhiri dengan doa oleh rohaniwan, pemberian ucapan selamat dan foto bersama.

Dokumentasi :

444.JPG

222.JPG

555.JPG

333.JPG

666.JPG

111.JPG


PELANTIKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

PENGAMBILAN SUMPAH PEGAWAI NEGERI SIPIL
PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM


Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Muara Enim, pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022  telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pengadilan Negeri Muara Enim atas nama  Finna Pastri Siregar, SH dan Iwan Fajri A.Md sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Nomor : 762/SEK/KP.1/SK/VII/2022 tanggal 01 Juli 2022 dan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Nomor : W6-U/2479/KP.00.3/VI.2022 tanggal 30 Juni 2022. Bertindak sebagai pengambil sumpah, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Elvin Edrian, SH, MH. Sebagai saksi, Ibu Yurika Ariani, ST dan Bapak Idham Pratama, SH . Serta di dampingi rohaniwan Bapak Pdt. Sugeng Prayitno M.Th dan Bapak H. Khairul Fahmi, S.Ag dari Kantor KUA Kecamatan Muara Enim

Dalam kata sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim Bapak Elvin Adrian, SH, MH mengucapkan selamat mengemban tugas kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah di lantik. Beliau berharap agar Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan dapat lebih meningkatkan kinerjanya di Pengadilan Negeri Muara Enim serta dapat mengemban tanggung jawabnya dan dapat menjaga sumpah yang telah diucapkan. Beliau juga menyampaikan agar selalu mempedomani budaya malu yang ada di Pendilan Negeri Muara Enim.

Acara di akhiri dengan doa oleh rohaniwan, pemberian ucapan selamat dan foto bersama.

Dokumentasi :

m1.JPG

m4.JPG

m3.JPG

m2.JPG


PEMBINAAN OLEH KETUA TINGGI PALEMBANG PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM

PEMBINAAN KETUA PENGADILAN TINGGI PALEMBANG
PADA PENGADILAN NEGERI MUARA ENIM
 
Hari Kamis, 21 Juli 2022 bertempat di ruang sidang Prof.Dr. Kusumah Atmaja Pengadilan Negeri Muara Enim dilaksanakan Pembinaan dari Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Bapak Dr. Moh Eka Kartika EM, SH., M.Hum didampingi oleh Panitera Pengadilan Tinggi Palembang, Ibu Sumarlina, SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri  Muara Enim Bapak Elvin Adrian, SH, MH dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Bapak Joni Mauluddin Saputra, SH.
Pembinaan ini dihadiri juga oleh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural/Fungsional, seluruh Aparatur dan Honorer pada Pengadilan Negeri Muara Enim.

Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Bapak Dr. Moh Eka Kartika EM, SH., M.Hum menyampaikan terkait Kedisiplinan bahwa setiap aparat peradilan tanpa terkecuali harus menjaga kedisipilinan dan integritas dalam hal apapun terutama dalam hal tanggung jawab terhadap pekerjaannya dan negara. Hal itu juga dikarenakan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Mahkamah Agung ini masih tinggi oleh karena itu kita harus menjaga kepercayaan masyarakat ini. Beliau juga memberikan sebuah nasihat terkait dengan gaya hidup, dimana setiap aparatur peradilan harus mampu untuk tidak mengikuti gaya hidup yang berlebihan dikarenakan dengan mengikuti gaya hidup kita tidak akan pernah cukup selalu saja ada yang kurang, sehingga hal inilah yang dapat menimbulkan masalah seperti adanya hutang pinjaman dan lain-lain. terakhir beliau juga mengingatkan agar Peraturan Mahkamah Agung No 7, 8, 9 untuk dapat dipahami dan di pedomani.

Dokumentasi :

va4.JPG

va3.JPG

va2.JPG

va1.JPG